News

Bob Dylan Akhirnya Mengakui Menerima Nobel Sastra

(Foto:/Thetimes)

(Foto:/Thetimes)

Linemusik.com – Bob Dylan, lahir dengan nama Robert Allen Zimmerman pada 24 Mei 1941 di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat. Ia adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musikus dan penyair Amerika. Ia adalah salah satu musisi legendaris dunia. Majalah musik Rolling Stone menempatkan Bob dylan dalam urutan kedua pada daftar “Greatest Artists of All Time”.

Sebelumnya ia dikabarkan menolak hadiah nobel sastra dari The Royal Swedish Academy of Sciences. Namun kemudia dikonfirmasi oleh Dylan.

Setelah panel Nobel The Royal Swedish Academy of Sciences kesulitan menghubungi Bob Dylan sebagai peraih penghargaan Nobel Sastra 2016, penyanyi lawas bergenre folk rock itu akhirnya muncul lewat sebuah kalimat singkat yang mengaku sebagai peraih Nobel saat peluncuran buku barunya.

“Winner of the Nobel Prize in Literature,” tulis Dylan dalam kalimat yang disematkan dalam acara peluncuran bukunya.

Pernyataan tersebut setidaknya butuh waktu selama lima hari untuk dilontarkan Dylan setelah seminggu ia tidak memberikan komentar apapun pasca pengumuman pemenang Nobel.

Dikutip Contactmusic, Jumat (21/10/2016), penyanyi asal Amerika Serikat itu sejatinya sudah dihubungi pihak penyelenggara Nobel. Namun ia sedang melakukan konser di Las Vegas pada Kamis 13 Oktober 2016 malam waktu setempat, saat daftar peraih Nobel diumumkan.

Namun sampai berita ini diturunkan, Dylan dilaporkan belum kembali menerima panggilan dari panitia penyelenggara tentang hadiah yang akan diberikan kepadanya atau tentang kehadirannya untuk menerima penghargaan Nobel.

Tradisi Nobel ini terjadi setiap 10 Desember, para pemenang Hadiah Nobel lalu akan diundang ke Ibu Kota Swedia, Stockholm, untuk menerima penghargaan dari Raja Carl XVI Gustaf dan berpidato di sela perjamuan makan malam untuk bicara soal karyanya.

Melirik dari sejarah Nobel, Bob Dylan akan menjadi orang Amerika Serikat pertama yang memenangkan penghargaan Nobel di bidang Sastra dari unsur musisi sejak novelis Toni Morrison pada 1993 lalu.