News

Surat John Lennon Untuk Ratu Inggris 47 Tahun Lalu Ditemukan

lennon-3

(Foto/CNN)

Linemusik.com – Pada Oktober 1965, The Beatles pernah dianugerahi medali kehormatan MBE (Most Excellent Order of the British Empire) oleh Ratu Inggris, Queen Elizabeth II. Namun, empat tahun kemudian,  tahun 1969, John Lennon, mengembalikan medali tersebut sebagai bentuk protesnya atas keterlibatan Inggris di perang Vietnam dan Nigeria yang terjadi pada 1967-1970.

Ternyata, ketika itu Jonh Lennon juga menulis surat kepada Queen Elizabeth II, untuk menjelaskan kepada Ratu mengenai keputusannya untuk mengembalikan penghargaannya sebagai Member of The Mos Excellent Order of The British Empire (MBE). Sayang, surat protes John Lennon ini ternyata tidak pernah sampai kepada Queen Elizabeth II.

Pada Rabu (26/10) lalu, seseorang yang mengakui menemukan surat tersebut, akhirnya membawa lembar kertas bersejarah tersebut ke pameran The Beatles Story di Liverpool.

Seperti yang diberitakan oleh CNN, pria yang merahasiakan identitasnya itu tak sengaja menemukan surat tulis tangan dari John Lennon itu terselip di sebuah piringan hitam yang ia beli 20 tahun lalu, yang ia  beli dengan harga UK£10 atau setara dengan Rp159 ribu.

(Foto/CNN)

(Foto/CNN)

Dalam surat tersebut, Lennon menulis, “Your Majesty, dengan ini saya ingin mengembalikan penghargaan MBE yang saya terima sebagai bentuk protes terhadap aksi campur tangan Inggris dalam perang Nigeria-Biafra, memprotes dukungan yang diberikan Inggris untuk Amerika akan perang di Vietnam, dan memprotes raihan lagu ‘Cold Turkey’ yang kian merosot. With love, John Lennon.”

Leave a Comment