Sosok

Ini Yang Menyebabkan John Lennon Hengkang Dari The Beatles

(Foto/Istimewa)

(Foto/Istimewa)

John Lennon adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis. Ia dilahirkan dengan nama John Ono Chong Wah Lennon.

Leader grup musik The Beatles ini juga dikenal sebagai seorang penulis, dan aktivis politik. Ia lahir 9 Oktober 1940 di Liverpool, Inggris, dan meninggal pada usia 40 tahun.

John Lennon memulai karir musiknya bersama sebuah band skiffle, The Quarrymen pada tahun 1957. Beranggotakan Lennon dan teman-temannya di Quarry Bank Grammar School. Ia kemudian berkenalan dengan Paul McCartney, pada sebuah acara gereja di Gereja St. John, Woolton, pada 6 Juli 1957. Tak lama setelah itu McCartney bergabung dengan Quarrymen.

Dalam perjalanannya Quarrymen beberapa kali mengganti nama dan personel. Band itu kemudian bernama The Beatles‘. Formasi awal The Beatles ketika menggunakan nama itu pada tahun 1960 adalah John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stuart Sutcliffe, dan Pete Best.

Kontrak pertama The Beatles adalah di sebuah klab di Hamburg, pada tahun 1960. Namun kemudian mereka dideportasi dari Hamburg, karena George Harrison masih di bawah umur untuk bekerja di sana. Kemudian mereka kembali ke Liverpool.

Sekembalinya ke Liverpool, mereka tampil di Cavern Club. Di klab inilah The Beatles menjadi sangat terkenal di Liverpool, setiap show mereka selalu ramai dan panjang antriannya. Namun mereka harus kehilangan Stuart Sutcliffe, ia wafat karena gangguan otak.

Mendunianya  The Beatles  tidak bisa dilepaskan dari pengaruh Brian Epstein. Epstein dulunya adalah pemilik toko musik NEMS di Liverpool, kemudian menjadi manajer band ini. Epstein sangat gigih menawarkan tape demo The Beatles ke studio-studio rekaman, dan berulang kali ditolak.

Akhirnya The Beatles diterima di Parlophone Records, label yang ada di bawah pengawasan EMI, dengan produsernya George Martin. Namun keharmonisan The Beatles harus terganggu dengan syarat yang diberikan George Martin. Mereka harus mengganti drummer mereka, Best, karenan dianggap kurang berkompeten. Best kemudian diganti oleh Ringo Starr.