Feature

Mengenal Lebih Dekat Musik Hard Rock

(Foto/rollingstones.com)

(Foto/rollingstones.com)

Masa Tahun 1970-an

Pada tahun 1970, Led Zeppelin mengeluarkan album ketiga, Led Zeppelin III yang lebih condong ke folk rock dibandingkan album kedua mereka.

Deep Purple terus membawa perubahan dalam hard rock melalui album Machine Head (1972). Dua lagu dari album tersebut, “Highway Star” dan “Smoke On The Water” riff utamanya menjadikan kedua lagu tersebut sebagai lagu Deep Purple yang paling dikenal.

Sepanjang dekade 1970-an, hard rock berkembang menjadi beberapa subgenre. Alice Cooper memopulerkan heavy metal dalam album School’s Out. Pada tahun berikutnya, Aerosmith, Queen, dan Montrose masing-masing merilis album yang diberi nama sama dengan band mereka.

Pada tahun 1974, Bad Company dan Rush masing-masing merilis album perdana mereka. Nazareth memainkan hard rock campuran dalam album laris Hair of the Dog (1975).

Pada tahun 1978 muncul Van Halen yang menampilkan gitaris terampil Eddie Van Halen. Pada tahun berikutnya, AC/DC merilis album Highway to Hell. Walaupun musik mereka berdasarkan pada rhythm & blues dan hard rock tahun 1970-an, AC/DC secara eksplisit menyebut musik mereka sebagai heavy metal.